Senin, 04 Juni 2012

Maaf Blog ini sedang dikerjakan


BANK DARAH RUMAH SAKIT 

 Definisi Bank Darah Rumah Sakit  adalah : 

Bank Darah Rumah Sakit yang didirikan dan dikelola oleh Rumah Sakit yang berkewajiban menyimpan darah yang telah diuji saring oleh UTD PMI dan melakukan uji cocok serasi berdasarkan perjanjian kerjasama antara UDD PMI dan Rumah Sakit.

Bank Darah Rumah Sakit berfungsi menyimpan darah dan mengeluarkannya bagi pasien yang memerlukan darah di rumah sakit yang bersangkutan. PMI berkewajiban membantu pendirian Bank Darah Rumah Sakit yang dikelola oleh Rumah Sakit.


Bank Darah Rumah Sakit bertugas :
1.    Menerima darah yang sudah diuji saring dari UTDC PMI terdekat secara teratur.
2.    Menyimpan darah.
3.    Melakukan uji cocok serasi darah donor dan darah pasien.
4.    Menyerahkan darah yang cocok bagi pasien di Rumah Sakit tersebut.
5.    Melacak penyebab reaksi transfusi yang dilaporkan Rumah Sakit.
6.    Melaksanakan pemusnahan darah transfusi yang tidak layak pakai, sesuai ketentuan.

Persyaratan ketenagaan yang dibutuhkan adalah :
1.    Penanggung jawab BDRS, satu orang dokter umum / spesialis.
2.    Paramedis Teknologi Transfusi Darah (PTTD), empat  orang, 3 shift.
3.    Pekarya, satu orang.

Hal-hal  lain yang perlu diperhatikan adalah :
1.    Kriteria Pembentukan Bank Darah Rumah Sakit
a.    Ada kebutuhan darah.
b.    Ada UTD setempat dengan jarak > 5 km dari Rumah Sakit.
c.    Jika belum ada UTD di Daerah / Kabupaten tersebut, maka dapat dibentuk UTD Rumah Sakit.
d.    Pendirian Bank Darah Rumah Sakit atas kesepakatan tim yang terdiri dari personal Rumah Sakit, UTD PMI setempat dan Dinas Kesehatan setempat setelah diadakan pengkajian terlebih dahulu dan dapat memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
e.    Tersedia ruangan dengan   : -     Luas minimal 4 x 5 m2
-          Air bersih yang cukup dengan sistim pembuangan limbah yang baik.
-          Listrik yang berkekuatan minimal 6500 Watt dan diesel / pembangkit listrik dalam keadaan darurat.
-          Telepon.
f.     UTD PMI menyediakan :
-          Darah yang cukup untuk kebutuhan Rumah Sakit.
-          Alat-alat Laboratorium (SK Permenkes 478 pasal 15 ayat 12 tahun 1990).
-          Reagensia
-          Formulir-formulir.

2.    Pembiayaan
-          Tenaga ATD/PTTD/Analis terlatih di bidang Transfusi Darah dibayar oleh Rumah Sakit yang bersangkutan.
-          Biaya Penggantian Pengolahan Darah (BPPD)/Service cost dibebankan pada pihak Rumah Sakit yang bersangkutan.
-          Besarnya biaya service cost ditetapkan oleh Pengurus Pusat PMI yang diketahui oleh Dinas Kesehatan setempat.
-          Prosedur penagihan service cost mengikuti petunjuk dari UTD PMI setempat yang mengirimkan darahnya.

3.    Pendidikan dan Pelatihan
-          Untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam penyimpanan, pengolahan dan distribusi darah, Rumah Sakit dapat mengirimkan tenaga ATD/PTTD/Analisnya untuk mengikuti penataran/kursus yang diadakan oleh PMI.
-          PMI memberikan bimbingan dalam bidang pengetahuan tentang Penyimpanan, Pengolahan dan Distribusi darah.

4.    Penelitian dan Pengembangan
PMI  dan Rumah Sakit dapat melakukan penelitian dan pengembangan bersama dalam bidang Transfusi Darah.

5.    Pelaporan
BDRS berkewajiban melakukan pembuatan laporan bulanan kepada UTD PMI tentang setiap kegiatan di Bank darah yang bersangkutan, meliputi :
-       Kebutuhan, penerimaan dan pemakaian darah
-       Reaksi transfusi
-       Pemakaian reagnesia
-       Pemakaian alat-alat dll.

6.    Pengawasan
Pengawasan / Audit teknis pelayanan darah secara periodik dilakukan oleh tim yang terdiri dari personal Rumah Sakit, UTD PMI setempat dan Dinas Kesehatan setempat. Laporan audit teknis disampaikan pada Kepala Rumah Sakit, Kepala UTD setempat dan Kepala Dinas Kesehatan setempat.

7.    Peralatan standar yang dibutuhkan :
-          Blood Bank Refrigerator kapasitas 150 kantong darah atau lebih
-          Alat Crossmatch DiaMed Gel Test (satu set )
-          Serological Centrifuge 12 tube ( ukuran tabung 12x75)
-          Electric tube sealer
-          Medical Refrigerator ( atau sementara bias diganti kulkas)
-          Mikropipet ukuran 25 ul, 25ul dan 50 ul
-          Hand Sealer
-          Plasma separator
-          Gunting Stainless beserta tempatnya
-          Rak Tabung 24 lb Stainless
-          Tabung reaksi uk. 12 x 75
-    Cool box
-    Tempat limbah medis dan non medis
8.    Klasifikasi Bank Darah Rumah Sakit dan standar peralatannya terlampir.


Standard Equipment of Hospital Blood Bank Class A / B


NO

ITEMS

QUANTITY (UNIT)
UNIT PRICE
(USD)
I.











II.

















III.









IV.





Package A :
1.  Blood Bank Refrigerator(356 litre)
2.  Medical Refrigerator
3.  Freezer –30o C
4.  Cool box (for blood transportation from Blood Bank to ward)
5.  Thrombocyte storage (22o C)
6.  Serological Centrifuge
7.  Satu set peralatan Crossmatch Gel Test
8.  Waterbath
9.  Electric sealer
10.  Hand Sealer

Package B :
1.    Reaction tube 10 x 75 mm
2.    Rack for tube 12 x 75
3.    Viewing box
4.    Clamp/kocher
5.    Glass tile
6.    Pasteur Pipette Object glass
7.    Timer
8.    Squeezing bottle
9.    Plastic cup
10.  Washbasin (enamel)
11.  Bottle 5 cc with cap (for blood sample)
12.  Lab-jas
13.  Napkin

Package C :
1.    Test sera anti-A,-B,-AB, -D @ 10 ml
2.    Bovine albumin 22 % @ 10 ml
3.    Coombs serum @ 10 ml
4.    Saline 0,9 % @ 500ml
5.    Marker (permanent) artline 70
6.    Filter paper
7.    Hand gloves
8.    Resiguard 4,5 liter / Desinfectans

Package D :
1.    Building 35 m2
2.    Laboratory desk (4 m) + chair (3)
3.    Office table (1) + Chair (1)
4.    Filing cabinet
5.    Filing holder
6.    Computer + Printer
7.    Public sitting


1-2
1
2
10-20

1-2
1-2
1-2 set
2
2
2


400-800
5-10
1-2
2-3
2-3
10-15
2.000-5.000
1-2 box
2-3
3-4
4-6
3-5
5-10


6-8
5
5
10-30
1-2 box
15-25 sheet
1-2 box



3.500-8.000
1
1
1
5-10
1-2 set
2-3 sets










 

Standard Equipment of Hospital Blood Bank Class C / D

NO

ITEMS

QUANTITY (UNIT)
UNIT PRICE
(USD)

I.










II.

















III.









IV.






Package A :
1.    Blood Bank Refrigerator (256 liter)
2.    Medical Refrigerator
3.    Freezer –30o C
4.    Cool box (for blood transportation from Blood Bank to ward)
5.    Table top centrifuge (serofuge)
6.    Satu set peralatan Cross Gel Test
7.    Waterbath / Incubator
8.    Electric Tube sealer
9.    Hand Sealer
10.  Plasma Separator

Package B :
1.    Reaction tube 10 x 75 mm
2.    Rack for tube 12 x 75
3.    Glass tile
4.    Pasteur Pipette
5.    Object glass
6.    Timer
7.    Plastic cup
8.    Lab - jas
9.    Napkin
10.  Arteri clamp

Package C :
1.    Test sera anti-A, -B, -AB, -D @ 10 ml
2.    Bovine albumin 22 % @ 10 ml
3.    Coombs serum @ 10 ml
4.    Saline 0,9 %
5.    Hand gloves
6.    Marker (permanent) artline 70
7.    Filter paper
8.    Resiguard 4,5 litre / Desinfectans

Package D :
1.    Building 35 m2 (minimal)
2.    Laboratory desk (2 m) + chair (2)
3.    Office table (1) + Chair (1)
4.    Public sitting
5.    Filing cabinet
6.    Filing holder
7.    Computer + printer



1
1
1
5 - 10

1
1set
1
1
1
1


100 – 200
4
1
2
5
5 box
1
2
2
2-3
2


4
2
2
3 – 4
1 box
2


10 – 30 vials
3 – 8 vials
3 – 8 vials
15 – 40 liter
1.500 - 3.000
1 box
7 – 15 sheet
1


2-3
1-2 set

1
1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar